Bertempat dihalaman Kantor Kejaksaan Tinggi Kalimantan Timur telah dilaksanakan Upacara Peringatan Hari Pahlawan tanggal 10 November 2018 pukul 08.00 wita, upacara tersebut dilaksanakan gabungan Pegawai Kejaksaan Tinggi Kalimantan Timur bersama Kejaksaan Negeri Samarinda dan Kejaksaan Negeri Tenggarong, dengan Inspektur Upacara Kepala Kejaksaan Tinggi Kalimantan Timur Bapak  Ely Shahputra, SH.MH. dalam acara tersebut Kepala Kejaksaan Tinggi Kalimantan Timur membacakan Amanat Menteri Sosial Republik Indonesia dengan tema  “Semangat Pahlawan Di Dadaku”, tema ini mengandung makna sesuai fitrahnya dalam diri setiap insan tertanam nilai-nilai kepahlawanan, oleh karenanya siapapun dapat menjadi pahlawan, setiap warga Negara Indonesia tanpa kecuali dapat berinisiatif mengabdikan hal yang bermanfaat untuk kemashlahatan diri, lingkungan sekitar, bagi bangsa dan Negara. Peringatan Hari Pahlawan, menjadi momentum bagi bangsa Indonesia untuk melakukan introspeksi diri. Sampai seberapa jauh setiap komponen bangsa dapat mewarisi nilai-nilai kepahlawanan, melanjutkan perjuangan, mengisi kemerdekaan demi mencapai Negara Kesatuan Republik Indonesia yang sejahtera, adil dan makmur.

Pada akhirnya melalui momentum Peringatan Hari Pahlawan, saya mengajak marilah kita berbuat yang terbaik bagi bangsa ini. Mari berkontribusi bagi kemajuan bangsa. Mulai dari yang dapat kita lakukan, mulai dari lingkungan terdekat yang pada akhirnya memberikan kekuatan dan ketahanan bagi bangsa dan Negara.
 
Selamat Hari Pahlawan Tahun 2018, kobarkan terus semangat pahlawan di dada, torehkan prestasi yang membawa harum nama bangsa dan Negara. Jaga selalu persatuan dan kesatuan dalam jalinan toleransi dan kesetiakawanan sosial. Semoga semangat pahlawan senantiasa mewarnai setiap langkah kita.