Kegiatan Pemilihan Duta Pelajar Sadar Hukum jenjang SMA, SMK, MA, SLB (Tuna Daksa) Negeri/Swasta Tingkat Prov. Kaltim Tahun 2021.

Pada hari Rabu tanggal 3 Nopember 2021 pukul 20.00 Wita di Ballroom Hotel Platinum, Kegiatan Pemilihan Duta Pelajar Sadar Hukum oleh Kejaksaan Tinggi (Kejati) Kaltim dan Dinas Pendidikan (Disdik) Kaltim ditutup.

Dari pemilihan ini menunjuk sedikitnya 3 juara dari jenjang SMA/SMK/MA/SLB (Tuna Daksa) Negeri/Swasta dari seluruh Kaltim. Diketahui, sejumlah sekolah jenjang menengah atas asal Berau banyak meraup juara. Kendati Juara I disabet oleh perwakilan pelajar SMAN 2 Sangatta Utara yaitu Yosua Wijaya Sinaga dan Imelda Palinbunga,  Juara The Speaker oleh Imelda Palinbunga dan Juara Favorite yaitu : Yosua Wijaya Sinaga & Imelda Palinbunga.

Hadiah yang diterima pun relatif fantastis. Selain piagam, turut menerima uang tunai pembinaan hingga Rp 10 juta.

Kepala Kejaksaan Tinggi Kaltim, Bpk. Deden Riki Hayatul Firman, SH.,MH mengatakan, dengan adanya program ini, diharapkan para pelajar dapat memiliki kesadaran hukum.

"Mereka anak-anak pelajar, terutama menjadi pemenang, menjadi duta sebagai siswa di sekolahnya menjadi sadar hukum," ujar Bpk. Deden Riki Hayatul Firman, SH.MH

Ditambahkan Kepala Disdik Provinsi Kaltim, Anwar Sanusi, M.Pd terdapat banyak perubahan di kalangan pelajar dengan adanya penunjukan duta sadar hukum ini.

"Misal, penggunaan HP. Tadinya kalau ada hoaks, mereka tidak menyaring dulu. Langsung share sana-sini, tapi sekarang mereka bisa lebih selektif," jelas Anwar.

Menurutnya, meski pertemuan tatap muka di sekolah masih minim, mereka para Duta PelajarSadar Hukum itu akan tetap memberi edukasi melalui daring.

"Melalui internet, medsos, dan sebagainya," paparnya.

Demikian menurut Anwar, mereka juga bertugas dalam penyuluhan hukum, membantu peran penegak hukum persisnya di kalangan pelajar.

"Supaya bisa membantu pemerintah, dalam ini kejaksaan, untuk menyampaikan hal mana yang boleh, mana yang tidak boleh,"