Pada hari Selasa tanggal 06 Desember 2016 bertempat di Kantor Kejaksaan Tinggi Kalimantan Timur telah melakukan Penandatangan Kesepakatan Bersama (MoU) antara PT. BANK TABUNGAN NEGARA (Persero) Tbk. Kantor Cabang Samarinda dengan Kejaksaan Tinggi Kalimantan Timur. Kesepakatan ini ditandatangani oleh Kepala Kejaksaan Tinggi Kalimantan Timur ABDOEL KADIROEN, S.H.,M.H. dengan Branch Manager PT. BANK TABUNGAN NEGARA (Persero) Tbk. Kantor Cabang Samarinda PORMAN SIMARMATA

Dalam sambutannya Kepala Kejaksaan Tinggi Kalimantan Timur mengatakan bahwa Jaksa Pengacara Negara sudah ada sejak tahun 1922 sebagaimana diatur dalam Staatblaad nomor 522 dan terakhir dipertegas dalam pasal 30 ayat (2) Undang-undang Nomor 16 tahun 2004 tentang Kejaksaan RI yang menyatakan bahwa :

“ Di bidang Perdata dan Tata Usaha Negara, Kejaksaan dengan Kuasa Khusus dapat bertindak baik didalam maupun diluar Pengadilan untuk dan atas nama Negara atau Pemerintah”.

Bahwa melihat keberadaan PT. BANK TABUNGAN NEGARA (Persero) Tbk. Kantor Cabang Samarinda selaku BUMN memiliki nilai strategis yang lebih fokus dibidang pembiayaan Kredit Perumahan Rakyat dan ikut serta mengembangkan dan menggerakkan sektor perekonomian khususnya bagi daerah Kaltim dan Kaltara, tidak menutup kemungkinan adanya permasalahan hukum yang dihadapi.

Hadir dalam acara tersebut, Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi Kalimantan Timur, para Asisten, Kabag TU, Koordinator, para Kasi, dan Jaksa Pengacara Negara dan jajaran Direksi PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk Kantor Cabang Samarinda.