Hari Selasa tanggal 4 Desember 2018 Kejaksaan Tinggi Kalimantan Timur melakukan kegiatan Persiapan Penyusunan Laporan Keuangan untuk tahun anggaran 2018. Kegiatan ini dihadiri oleh ibu Erma Dyah Astuti,SE, Gandi Saputra,SE, Dewi Ernawati,S.Kom, dan Indah Permata Sari, SH dari Tim Kejaksaan Agung RI. Pelatihan ini nantinya akan berlangsung selama dua hari sampai tanggal 6 Desember 2018 di Harris Hotel Samarinda. 

Kegiatan ini dibuka oleh Asisten Pembinaan pada Kejaksaan Tinggi Kalimantan Timur Bapak Abdullah, SH. MH. mewakili Kepala Kejaksaan Tinggi Kalimantan Timur, Bapak Abdullah, SH. MH.  menyampaikan sambutannya. Dan pada acara pembukaan ini juga Ibu Erma Dyah Astuti, SE.  Dari Biro Keuangan dan Biro Perlengkapan pada Jaksa Agung Muda Pembinaan Kejaksaan Agung Republik Indonesia.

Ibu Erma menyampaikan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah untuk membimbing  para operator untuk persiapan penyusunan laporan keuangan tahun anggaran 2018 serta penguatan sumber daya manusia terkait penerapan akuntansi berbasis akrual, karena tidak semua para operator SAI dan SIMAK berlatar belakang pendidikan akuntansi karena kurangnya Sumber Daya Manusia di bidang akuntansi pada Kejaksaan RI. Dan selain itu pula, karena  penyusunan laporan keuangan menerapkan aplikasi E-Rekon, sehingga semua laporan dari daerah langsung dapat diakses kejaksaan Agung dan Kejaksaan Tinggi Kalimantan Timur sehingga satuan kerja bisa menyajikan laporan dengan baik dan benar.

“Dari hasil E-Rekon terhitung senin kemarin, penyetoran laporan satuan kerja Kejaksaan Tinggi Kalimantan Timur dan Kejaksaan Negeri  Se-Kalimantan Timur serta Kalimantan Utara untuk realisasi pendapatan sudah sesuai aturan dan akun yang dimiliki Kejaksaan. Ini merupakan prestasi sendiri, karena beberapa satker lain masih banyak terdapat kesalahan.” Tambah Ibu di akhir sambutannya.