Pada hari Rabu tanggal 27 Oktober 2021 pukul 10 sd 12.30 wita telah dilaksanakan Kegiatan Penerangan Hukum di Aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Timur yang di hadiri para Kepala Sekolah dan Bendahara pembantu dana BOS SMA/SMK/MA se Kalimantan Timur. Dimana Materi yang di sajikan para Narasumber adalah Pencegahan penyimpangan dana BOS tahun 2021.
Dalam kegiatan ini dibuka langsung oleh Kabid Pembinaan SMA Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Timur Bpk. Drs. Krisantus Suhariyanto, M.Pd.
Yang berindak selaku narasumber adalah :
1. EVI HASIBUAN, SH.,MH (Koordinator pada Asintel Kejati Kaltim)
2. ARIFIN ARSYAD, SH.,MH (Kasi E pada Asintel Kejati Kaltim).
3. TONI YUSWANTO, SH.,MH (Kasi Penkum pada Asintel Kejati Kaltim)
Selama kegiatan Penerangan hukum dihadiri oleh 49 Kepala Sekolah dan Bendahara Pembantu dana BOS di Samarinda serta Para Kepala Sekolah dan Bendahara Se-kaltim secara Virtual sebanyak 150 orang.
Para Kepala Sekolah dan Bendahara  sangat antusias dengan program Penerangan Hukum ini dibuktikan dengan banyak yang mengajukan pertanyaan kepada para narasumber.
Dengan kegiatan Penerangan Hukum ini diharapkan para Kepala Sekolah dan Bendahara pembantu Dana BOS mengetahui aturan yang berlaku didalam pengelolaan dana BOS tahun 2021 sehingga kedepannya diharapkan pengelolaan dana BOS dapat dilaksanakan secara baik, Efesien, tepat sasaran, akuntabel dan transparan, sehingga dapat terhindar dari  perbuatan melawan hukum.
Selama kegiatan Penerangan Hukum berlangsung dengan mengedepankan Protokol Kesehatan Covid 19.