Hari Rabu Tangal 23 April 2019 Kejaksaan Tinggi Kalimantan Timur melakukan kegiatan MOU (memorandum of understanding) /  Penandatanganan Kesepakatan Bersama  Dibidang Perdata Dan Tata Usaha Negara Dengan Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara. Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Kejaksaan Tinggi Kalimantan Timur yaitu bapak Ely Shahputra, S.H, M.H beserta jajaran dari kantor Kejaksaan Tinggi Kaltim dan dari pihak Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara dihadiri oleh Bapak Gubernur Kalimantan Utara Yakni Bapak Dr. Ir. H. Irianto Lambrie M.M. beserta Jajaran.

Kegiatan ini bertempat dan berlangsung di Hotel Senyiur Samarinda Jl. Pangeran Diponegoro No.17-19, Pelabuhan, Samarinda Kota, Kota Samarinda, Kalimantan Timur. Kegiatan ini dimulai dengan pemutaran Profil dari Bidang Perdata Dan Tata Usaha Negara dan dilanjutkan dengan sambutan dari pada Bapak Ely Shahputra, S.H, M.H selaku Kepala Kejaksaan Tinggi Kalimantan Timur, dan pada sambutan tersebut Beliau menyempatkan diri untuk menyampaikan Ucapan Selamat Hari Jadi Terbentuknya Provinsi Kalimantan Utara Yang Ke VI Tanggal 22 April 2013 - 22 April 2019 dan tidak ketinggalan pula Pak Dr. Ir. H. Irianto Lambrie M.M selaku Gubernur Kalimantan Utara juga memberikan sambutannya pada kegiatan tersebut.

Kegiatan ini bertajuk Penanganan Masalah Hukum Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara yang dimana maksudnya ialah kedua belah pihak agar dapat mengoptimalkan pelakanaan tugas dan fungsi dalam menyelesaikan masalah hukum Perdata dan Tata Usaha Negara. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan efektifitas penyelesaian masalah Hukum Perdata dan Tata Usaha Negara baik di dalam maupun diluar pengadilan. Kegiatan ini Merupakan Perpanjangan Kesepakatan Bersama Sebelumnya Yang Telah Berakhir Pada Tanggal 17 April 2019 Sekaligus Merupakan Implementasi Dari Tugas Dan Kewenangan  Kejaksaan  Di Bidang   Perdata  Dan Tata Usaha Negara.

Dengan Penandatanganan Kesepakatan Bersama Ini, Diharapkan Dapat Memberikan   Kontribusi   Positif   Bagi   Kedua Belah Pihak, Khususnya Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara Dalam Hal Menghadapi Masalah-Masalah Yang Berkaitan Dengan Hukum Perdata Dan Tata Usaha Negara, Karena Dapat Memanfaatkan Jasa Hukum Jaksa Pengacara Negara Kejaksaan Tinggi Kalimantan Timur.